.:[Double Click To][Close]:.

Sunday, January 30, 2011

Sepatu Skate Listrik



Seorang petani bernama Zhao Xueqin dari Wugang, provinsi Henan, Cina menemukan sepasang sepatu listrik, yang sebenarnya semacam sepatu skate bertenaga baterai yang memiliki fitur seperti lampu depan, inidkator, rem dan lampu rem.

Dia mengklaim pemakai bisa melaju lebih dari 100 mil sehari hanya dengan menekan sebuah tombol yang mendorong kedepan hingga pada kecepatan 15mph.

Inspirasinya berkembang dari anak-anak yang tinggal di daerah-daerah miskin di negara itu dimana setiap harinya mereka harus berjalan bermil-mil untuk ke sekolah.

"Desaku bergunung-gunung. Sekolah terdekat saja lebih dari 20km jauhnya dari desa, dan anak-anak harus bangun jam 3 pagi, berjalan tiga sampai empat jam untuk sampai di sekolah... Aku berpikir bahwa pasti bagus seandainya aku bisa menemukan sepasang sepatu yang bisa membantu anak-anak jadi lebih cepat," kata Zhao.

Membutuhkan waktu empat tahun dan menghabiskan biaya sekitar Rp140juta untuk menciptakan dan mematenkan sepatu listriknya itu.

"Sepatu itu bisa melaju secara berkesinambungan selama tiga jam. Untuk jarak jauh, pengendaranya bisa membawa baterai cadangan. Desainnya sebenarnya simpel. Hanya sepasang sepatu olahraga, sepasang baterai 12V dan dua roda seluncur," tambah Zhao.

Sepatu ini mudah digunakan jika sudah bisa mengendalikan keseimbangan dan pengarahannya. Dan pengguna akan cenderung condong kedepan selama bergerak.

Sepatu ini pastilah sangat berguna bagi anak-anak di daerah pedalaman untuk pergi ke sekolah. Tapi, dengan biaya pembuatan yang tidak murah, semoga harga jualnya tidak malah jadi memberatkan anak-anak desa.

No comments:

Post a Comment