.:[Double Click To][Close]:.

Wednesday, May 12, 2010

Strategi Pemasaran Apple




Apple tidak pernah mengadakan diskon. Kecuali barang refubrish, tentu saja ada perubahan. Tapi mereka tidak pernah mengadakan "sale" seperti pada hari libur, misalnya.

Apple menjaga harga reseller stabil. Karena menentukan harga dealer adalah ilegal (bagi pelanggan), Apple masih me-manage untuk menjaga harga retail tetap stabil. Itu dilakukan dengan menjaga batas-batas bagi dealer, tidak mengadakan diskon, dan menjaga peraturan-persyaratan yang konsisten antara reseller dari produk yang sama.

Retail Apple dan toko online mereka unik. Mereka tidak terlihat seperti sedang menjual, tapi lebih seperti mendidik dan men-support. Mereka simple, meski cermat, dengan isyarat-isyarat minimal dan pesan yang jelas. Perasaan yang mengena adalah bahwa banyak orang yang akan membantu Anda dan tidak ada yang sedang menjual apapun.

Produk-produk Apple diposisikan sebagai kategori unik. Pada tingkatan yang memungkinkan, Apple menyukai reseller yang menjual produknya sebagai kategori unik, berdampingan dengan kompetitor-kompetitornya. Misalnya Best Buy online memiliki sebuah section yang disebut "iPads and Tablet PCs." Mereka tersendiri sebagai kategori yang unik dibanding dagangannya yang lain.

No comments:

Post a Comment